Bahan-Bahan Untuk Pembuatan Batik

Bahan-bahan untuk membuat batik antara lain :

  1. Kain mori (bisa terbuat dari katun. Kualitas mori bermacam-macam,dan jenisnya sangat menentukan baik buruknya kain batik yang dihasilkan
  2. Canting sebagai alat pembentuk motif.Canting adalah alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan. Canting untuk membatik terbuat dari tembaga atau bambu sebagai pegangannya.
  3. Gawangan (tempat untuk menyampirkan kain) Gawangan adalah perkakas untuk menyangkutkan dan membentangkan mori sewaktu dibatik. Gawangan dibuat dari bahan kayu,atau bambu. Gawangan harus dibuat
  4. sedemikian rupa,sehingga mudah dipindah-pindah,tetapi harus kuat dan ringan.
  5. Bandul.Bandul dibuat dari timah,atau kayu,atau batu yang dikantongi. Fungsi pokok bandul adalah untuk menahan mori yang baru dibatik agar tidak mudah tergeser tertiup angin,atau tarikan si pembatik secara tidak sengaja.
  6. Malam yang dicairkan. Lilin atau malam ialah bahan yang dipergunakan untuk membatik. Sebenarnya malam tidak habis (hilang),karena akhirnya diambil kembali pada proses mbabar,proses pengerjaan dari membatik sampai batikan menjadi kain. Malam yang dipergunakan untuk membatik berbeda dengan malam atau lilin biasa. Malam untuk membatik bersifat cepat menyerap pada kain,tetapi dapat dengan mudah lepas ketika proses pelorotan.
  7. Wajan. Wajan ialah perkakas untuk mencairkan “malam”. Wajan dibuat dari logam baja atau tanah liat. Wajan sebaiknya bertangkai supaya mudah diangkat dan diturunkan dari perapian tanpa menggunakan alat lain.
  8. Kompor kecil untuk memanaskan. Kompor adalah alat untuk membuat api. Kompor yang biasa digunakan adalah kompor dengan bahan bakar minyak.
  9. Saringan Malam. Saringan ialah alat untuk menyaring malam panas yang banyak kotorannya. Jika malam disaring,maka kotoran dapat dibuang sehingga tidak mengganggu jalannya malam pada cucuk canting sewaktu dipergunakan untuk membatik
  10. Pola : Pola ialah suatu motif batik dalam mori ukuran tertentu sebagai contoh motif batik yang akan dibuat

3 Responses to “Bahan-Bahan Untuk Pembuatan Batik”

  1. pmreload October 2, 2010 at 9:40 am #

    artikel bermanfaat! thx

  2. uland October 4, 2010 at 12:14 am #

    ternyata bahan-bahan untuk membuat batik banyak sekali.

    bagaimana dengan pembuatannnyanya, apakah rutin dan sulit ???

  3. tamara gratia December 4, 2012 at 5:06 am #

    Lengkap banget!
    Membantu banget untuk bahan ujian!

Leave a Reply