Ragam Hias Batik

Ragam hias batik sangat banyak macamnya. Hal ini terjadi karena faktor letak geografis,kepercayaan,adat istiadat,tata sosial,gaya hidup masyarakat.serta lingkungan alam setempat. Walau demikian batik dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian,yaitu batik keraton dan batik pesisiran.

  • Batik Keraton ,Batik keraton disebut juga batik Solo – Jogja atau batik klasik. Ungkapan corak merupakan simbolis baik pada penataannya di atas kain maupun pewarnaannya. Jumlah warnanya terbatas pada coklat soga dan biru nila,diatas latar putih atau putih gading.
  • Batik Pesisiran,Ragam hias ini berkembang diluar batas-batas dinding keraton khususnya di daerah pesisir utara Jawa. Sifatnya lebih beraneka ragam yang mana setiap sentra batik menghasilkan corak-corak yang amat bervariasi. Warnapun tidak terbatas pada warna coklat dan biru melainkan juga menerapkan warna merah,hijau,biru muda dan kuning.

Sehelai kain batik memuat sejumlah ragam hias yang dapat dikelompokkan menjadi corak utama,corak tambahan (isen-isen) dan corak pinggir.

No comments yet.

Leave a Reply