Batik Cirebon

Cirebon terletak di daerah pesisir Jawa Barat,kota madya ini terletak di pesisir pantai utara. Kota Cirebon ini pada zaman dahulu sebagai salah satu tempat pusat perdagangan di pesisir pantai utara Jawa. Sebagai salah satu tempat pusat perdagangan masyarakat Cirebon banyak terpengaruh dengan budaya yang masuk di daerahnya atau kita kenal dengan akulturasi budaya.

Demikian juga halnya dengan seni batik di daerah ini banyak terpengaruh dari budaya daerah lain. Diantara pengaruh-pengaruh itu adalah pengaruh dari budaya Islam,dapat kita lihat adanya motif-motif kaligrafi huruf arab,ragam hias buroq dsb. Disamping budaya Islam,pengaruh budaya Cina juga tampak muncul pada kerajinan seni batik di Cirebon.

Pengaruh itu juga ada yang berasal dari Eropa,adanya motif dari tumbuh-tumbuhan yang berasal dari Belanda misalnya. Motif-motif tumbuhan itu diantaranya motif bunga krisan dan tumbuhan buah anggur . Disamping itu ada pengaruh dari daerah-daerah disekitarnya diantara seni batik Yogyakarta-Surakarta.
Dari warna-warna yang ada pada seni batik Cirebon,warna-warnanya terlihat cerah,warna-warna di susun dengan putih warna dasar kain diantaranya :

  • Biru dengan putih
  • Merah dengan putih
  • Merah dengan putih dan hijau

Sebenarnya masih banyak lagi daerah-daerah tempat industri pembuatan keramik di daerah Jawa yang berkembang,dan tumbuh dengan kekhasannya masing-masing,baik dari motif,menyusun warna,bahkan teknis pembuatannya mungkin ada sedikit perbedaan. Dari keaneka ragaman itu makin memperkaya budaya bangsa kita yang mesti kita hargai keberadaannya.

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply